Hub Kami : +62 822 7872 3031
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Rumah Seni Baro Begado - Belitung

Keunikan Rumah Seni Baro Begado

Pariwisata di Pulau Belitung memiliki keunikan yang tak habis-habisnya, mulai dari pantai, kuliner khas, hingga ke produk karya seni. Nah Traveler, jika ke Belitong (sebutan lokal untuk pulau Belitung secara keseluruhan), selain ke Pantai, Pulau, dan Wisata Laskar Pelangi, nikmati pula sisi lain Budaya Melayu Belitong.

Mengenal Karya Seniman Baro, Husni Marosha

Rumah Seni Baro Begado 'rakitan' Pak Husni Mariosha merupakan salah satu Destinasi Wisata Budaya di Pulau Belitong, tepanya di Jalan Baro, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Saat Traveler Memasuki Rumah Seni Baro Begado, tidak seperti memasuki sebuah rumah huni, namun rumah yang dibuat pak Husni laik galeri seni. Rumah Seni ini memang dirancang sendiri dengan berbagai keunikan.

Rumah Seni Baro Begado - Belitung
Koleksi Gambus Milik Pak Husni di Galeri Rumah Seni Baro Begado

Berbagai barang bekas, terutama berasal dari bahan dasar kayu berbentuk unik kemudian dikombinasikan oleh pak Husni. Barang-barang ini terpasang di sebagian besar dinding rumah beliau, dari mulai ruang depan, ruang utama hingga dapur.

Adapun yang menjadi objek presentasi seni Pak Husni diantaranya ukiran kayu artistik, alat musik gambus, lukisan, serta properti interior lainnya yang memiliki nilai seni.

Minat liburan ke Belitung, klik link di bawah ini;


Galeri Alat Musik Melayu dari Kayu Bekas

Dari kayu-kayu bekas, Pak Husni kemudian menjadikan barang yang bernilai seni tinggi. Pak Husni membuat alat musik melayu, yaitu Gambus. Ukiran dan ukuran gambus yang dibuat oleh beliau bereneka-ragam, dari kecil ke besar. Keunikan gambus ini terletak di bagian Kepala Gambus dalam berbagai bentuk.

Dari kayu bekas yang diolah menjadi alat musik gambus ini, Pak Husni menarifkan harga yang tidak tanggung, antara Rp.1,5 juta sampai Rp.3,5 juta rupiah. Maski tergolong bernilai tinggi, karena karya seninya, selalu saja ada wisatawan yang membawa pulang.

Dari Alat Musik Gambus ini tercipta petikan instrument-instrumen lagu melayu. Lebih dari itu, berbagai genre musik dapat dimainkan dengan Gambus.

Rumah Seni Baro Begado - Belitung
Pak Husni Sedang Membuat Alat Musik Gambus

Proses Membuat Gambus

Untuk membuat satu alat musik gambus, Pak Husni rata-rata menghabiskan waktu satu minggu. Seminggu merupakan waktu yang relatif cepat untuk satu gambus. Apalagi, dalam pembuatan gambus, selalu dilakukan dengan alat sederhana dan keterempilan tangan.

Hingga saat ini sudah banyak alat musik ini yang sudah diproduksi Pak Husni. Namun demikian, ada juga yang masih setengah jalan dan disimpan di bengkel, mungkin akan dilanjutkan pembuatannya di kemudian hari. Menurut pak Husni, diperlukan barang setengah jadi, bentuk inilah nantinya yang akan dipresentasikan di depan wisatawan, yaitu step by step membuat gambus.

Terkadang dalam membuat gambus, Pak Husni mengikuti jenis atau bentuk kayu. Hal inilah yang membuat antara satu gambus dengan gambus yang lain berbeda bentuk. Proses menghaluskan kayu menjadi barang bagus bukan proses yang mudah, artinya dari mulai memproses dari kayu tak berguna menjadi bernilai tinggi tidak semudah menggosokkan tangan. Dibutuhkan keterampilan dan sentuhan seni yang baik.

Sering Dikunjungi Turis Asing

Karena kreatif dan unik, Galeri Rumah Seni Baro Begado seringkali dikunjungi oleh turis asing dan menjadi salah satu program tour & travel di Belitung. Saat menyambut tamu-tamu yang datang ke galerinya, Pak Husni selalu menunjukkan bagaimana proses beliau membuat gambus hingga bagaimana cara memainkannya.


Kadangkala, Pak Husni memainkan alat musik gambus tergantung pada tamu yang datang. Misal, saat tamu yang datang dari Jepang, maka beliau akan memainkan instrumen lagu-lagu asal Jepang, begitu pula dengan berbagai daerah lain, termasuk Indonesia.

Dengan ukiran dan bentuk yang unik ini, tak pelak, banyak wisatawan baik domestik atau pun asing tertarik membeli gambus melayu buatan Pak Husni ini. Meskipun terbilang tidak murah, gambus yang dibuat dengan dengan keterampilan tangan (handmade) ini memiliki kwalitas yang baik dan suara yang nyaman didengar.

Rumah Seni Baro Begado - Belitung
Ms. Femi, salah satu turis asal Jepang sedang memainkan Gambus

Warkop ala Galeri Seni 

Jika Traveler ke Belitung jangan lupa singgah ke Galeri Rumah Seni Baro Begado. Mengunjungi galeri ini tidak semata-mata menikmati ruangan atau karya seni. Namun, bagi penikmat kopi dan makanan, Rumah Seni Baro Begado juga menyediakan berbagai menu khas Belitong. 

Rumah Seni Baro Begado - Belitung
Turis Asal Singapura Saat Berkunjung ke Galeri Rumah Seni Baro Begado

Bagaimana tidak tertarik, sambil ngopi dan menikmati makan khas Belitong buatan istri  Pak Husni, sembari diiringi lantunan instrumen musik melayu yang dimainkan beliau.


Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved