Hub Kami : +62 822 7872 3031
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Batu Granit di Pantai Belitung ini Unik, Ini Bentuknya...

Enam Keunikan Granit di Pantai Belitung

Kilas Balik | Asal Mula Batu Granit di Belitung


Bebatuan Granit di pantai-pantai Pulau Belitung sangat unik dan instagramable atau dengan kata lain sering dijumpai di instagram. Apa sebab? karena setiap Traveler yang berkunjung ke Belitung pastilah berfoto di sekitar batu atau dengan background batu granit.

Namun tahukah Traveler, Batu Granit ini sudah berusia antara 65 sampai 200 juta tahun, udah lama banget kan. Seorang Ilmua ITB (Institute Teknologi Bandung), Budi Brahmantyo, beliau merupakan Ketua Program Studi Teknik Geologi ITB. Menurutnya, asal usul munculnya bongkah-bongkah granit ke permukaan ini diawali
dari pembekuan granit di bawah permukaan bumi pada kedalaman puluhan kilometer. Pembekuan ini digolongkan sebagai batuan beku dalam yang membentuk Batolit.


Batuan-batuan ini kemudian mengalami proses tektonik berupa pengangkatan, bahkan beberapa mengalami pematahan dan peretakan. Proses ini tentu memakan waktu jutaan tahun lamanya.

Ketika tubuh granit yang retak-retak ini muncul di permukaan Bumi, proses pelapukan dan erosi atau abrasi mengikisnya. Proses pelapukan dan erosi ini berlangsung selama ribuan tahun. Akibatnya, batu granit yang muncul di permukaan seolah-olah merupakan bongkah batuan yang terpisah-pisah.


Granit-Granit Unik di Belitung

Setelah bongkahan-bongkan granit ini naik ke permukaan, lalu pengikisan, pelapukan disebabkan oleh erosi (pengikisan padatan | sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya | akibat transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan) dan abrasi (pengikisan pantai oleh gelombang laut), maka terbentuklah varian keunikan granit.  Hal ini sebagaimana Traveler lihat saat berkunjung ke Pulau Belitung, yaitu saat tour ke Pulau Lengkuas.

Baiklah Traveler, berikut ragam keunikan bebatuan granit yang bisa kita lihat di pantai-pantai de seputaran Pulau Belitung.

1). Batu Garuda

Batu Garuda atau Pulau Batu Garuda berada sangat dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Letaknya di sebelah Utara,terlihat jelas dari pantai. Jika Anda menggunakan Boat Tradisional nelayan, maka akan sangat cepat menyongsong pulau kecil ini, tidak lebih dari 10 menit.

Batu Granit di Pantai Belitung Unik
Pulau Batu Garuda - Belitung

Disebut Pulau Batu Garuda karena salah satu batu granit yang bertengger di atas bongkahan batu besar, serupa burung Lambang Negara Indonesia, Burung Garuda.

Saat Traveler ingin mengunjungi Pulau Lengkuas, maka destinasi pertama yang disinggahi adalah Batu Garuda. Karena hampir tidak berpantai atau tidak berpasir, maka perahu tradisional nelayan tidak akan singgah. Di sini, Traveler hanya akan diperkenankan berfoto dari ujung perahu dengan latar belakang Batu Garuda.

Lima Hal Menarik di Batu Garuda

- Formasi Batu Granit yang Tersusun Sangat Bagus Untuk Background Photography
- Salah Satu Bentuk Batuan yang bertengger di Atas Batu Besar Mirip Dengan Kepala Burung Garuda
- Kombinasi yang Menarik di Pulau Batu Garuda, Yaitu Terdapat Pasir dan Batu
- Karena Tergalang Oleh Pulau, Maka Tidak Begitu Berombak
- Air Jernih, Sehingga Alam Bawah Laut Terlihat Jika Dilihat Dari Atas Perahu
- Saat Malam Hari, Akan Muncul Pencahayaan (Lampu) yang Menyinari Formasi Bebatuan

2). Batu Berlayar

Usai mengunjungi Batu Garuda, umumnya guide akan mengajak Traveler ke Berlayar. Jarak dari batu Garuda ke Pulau Batu Belayar juga dekat, tidak akan memakan waktu hingga 15 menit. 

Batu Granit di Pantai Belitung Unik
Pulau Batu Belayar - Belitung

Dari jarak  0,5 Mil, ke arah Pulau Batu Berlayar, Traveler akan melihat susuna bongkahan batu yang berdiri dan tertidur. Dua Batu yang dalam posisi berdiri ini laksana layar yang terbentang, sedangkan tumpukan bebatuan yang berbaring dan pasir putih, laksana perahu. Demikianlah mengapa disebut Batu Belayar.

Batu Berlayar juga merupakan kunjungan wajib, Traveler bisa berpose di atas batu-batu. Saat Langit cerah dan berawan, perpaduannya dengan batu granit dan pasir akan menghasilkan karya foto traveling yang menggiurkan.

Tidak hanya untuk sekedar mengambil baground di siang hari, Batu Berlayar saat bagus jika dijadikan foregrund saat memoto di lama hari mengintai momentum Milky Way dan Star Trails.

Ini Beberapa Keunikan di Pulau Batu Berlayar

- Batu Granit di Pulau Batu Berlayar Tersusun Rapi Sehingga yang Nampak Laksana Perahu Sedang Berlayar
- Batu Yang Menyerupai Layar ini Akan Terlihat Seperti Sirip Ikan Hiu JIka Dilihat Dari Jarak Dekat
- Komninasi Antara Bebatuan dan Pasir Membuat Pulau Batu Berlayar Terlihat Menarik
- Bisa Melakukan Snorkeling di Sekitar Pulau Batu Berlayar, Sebaiknya Didampingi Pemandu

3). Batu Pulau Burung

Pulau Burung terletak di sebelah Utara Tanjung Binga, Sijuk, Kabupaten Belitung. Jika menggunakan Boat Tradisional Nelayan,  jarak tempuhnya sekitar 30 menit. Disebut Pulau Burung karena salah satu batu granit di pantainya berbentuk menyerupai burung.

Batu Granit di Pantai Belitung Unik
Pulau Burung - Belitung

Batu Pulau Burung adalah batu yang tingginya setingkat tiga lantai sebuah bangunan. Batu ini sama seperi halnya Batu Garuda, juga menyerupai burung.

Banyak juga wisatawan yang singgah ke Pulau Burung hanya sekedar untuk mengambil foto dengan background, terutama foto pre wedding.

Apa saja Yang Unik di Pulau Burung

- Batu Besar Setinggi Tiga Lantai Bangunan yang Menyerupai Kepala Burung
- Hamparan Pasir Putih di Teluk dan landai
- Tempat Snorkeling yang Nyaman di Area Lepas Pantai
- Terdapat Formasi Batu Unik, Yaitu Batu Becinte atau Batu Bercinta yang Menjadi Salah Satu daya tarik Pulau Burung,

4). Batu Menyerupai Kemaluan Pria

Gugusan Batu granit ini sebetulnya masih berada dalam kawasan Pulau Burung, persis di belakang pulau ini. Hanya di waktu-waktu tertentu bisa dikunjungi, yaitu pada saat air surut. karena jika air sedang pasang, Boat nelayan tidak bisa merapat.

Batu Granit di Belitung ini Menyerupai Kemalian Pria


Memiliki keunikan tersendiri, salah satu bongkahan batu di antara Gugusan Batu di Pulau ini menyerupai alat kemaluan pria yang sedang berdiri tegak. Daerah ini sangat jarang dikunjungi, namun setelah sempat didatangi oleh rekan-rekan pemggiat wisata, maka viral-lah dan menjadi 'cerita' tersendiri.

5). Batu Adidas

Satu lagi, Batu Adidas. Tentu saja Traveler mengetahui mengapa di sebut Batu Adisas. Yup, karena memang berbentuk seperti logo salah satu produk terbesar di Eropa tersebut.

Batu Granit di Pantai Belitung Unik
Batu Adidas Pantai Tanjung Tinggi - Belitung


Batu ini terletak di Pesisir Timur Pantai Tanjung Tinggi atau masyarakat biasa menyebutnya Pantai Laskar Pelangi. Letaknya tidak jauh, cukup dengan berjalan kaki dari pantai utama (pusat kunjungan), lalu menyusuri hingga ke bagian timur, dan akan terlihat.

Dari bentuknya, batu ini berjejer paralel dan bertingkat. Bersusun dari ukuran yang paling besar ke ukuran terkecil. Perbedaannya dengan logo Adidas hanyalah dalam jumlah. Jika Adidas hanya berjumlah tiga tingkatan, namun batu ini memiliki empat.

Hal-hal Menarik di Batu Adidas

- Formasi Batu yang Menarik Seperti Logo Adidas
- Terletak di Areal  Pantai Tercantik di Pulau Belitung, yaitu Pantai Tanjung Tinggi
- Terletak di Pantai yang Pas Untuk Menikmati Sunset
- dan Bermain Air di Pantai (save)

6) Balancing Rock

Satu lagi Traveler, Batu Granit yang satu ini juga wajib kamu kunjungi. Sebuah batu besar yang memiliki dudukan minim, namun seimbang dan tidak goyang. Inilah sebabnya dinamai balancing Rock.

Batu Granit di Pantai Belitung ini Unik
Balancing Rock - Belitung

Lokasinya batu ini agak masuk ke dalam hutan, tepatnya berada di 200 meter dari Jalan Ranati, Dusun Aik Gelarak, Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Minat Paket Wisata Belitung? Klik Infonya di Link Berikut.

Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved