Hub Kami : +62 819 2970 0811
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Tips Travelling Saat Puasa? Berbukalah Dengan yang Sayang

Tips Travelling Saat Puasa? Berbukalah Dengan yang Sayang
Liburan ke Museum Kata Andrea Hirata
Bulan Ramadhan sudah tiba, biasanya diantara kalian tak ada aktifitas alias di rumah alias nggak bepergian. Alasannya apa, mungkin akan banyak energi yang keluar, padahal kalau di rumah aja, jenuhnya minta ampun. 

Solusi terbaik untuk membuat pikiran kalian agar tetap fresh dan terhindar dari kejenuhan adalah melakukan aktifitas liburan di saat bulan puasa. Berikut sebagaimana dirilis kesiniaja.com beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar bisa bepergian liburan tanpa merasa lelah di bulan puasa:

1. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan gizi yang tinggi saat sahur

Dimulai dari pada saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi, kurangi teh yang membuat kamu merasa haus, gantilah dengan madu yang akan membuatmu berenergi. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya untuk menjaga stamina kamu selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan. Jadi, kamu tetap sehat bugar mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah dijadwalkan untuk dikunjungi selama liburan.

2. Memilih tempat liburan di dalam ruangan

Melakukan aktifitas liburan di saat kita berpuasa bisa tetap kita lakukan, ada baiknya kita memilih tempat wisata yang berada di dalam ruangan, tempat wisata seperti ini seperti museum, jelajah masjid, dll kamu bisa melakukan segala aktifitas ringan dan bisa leluasa beristirahat disela-sela aktifitas kamu, ini akan membuat tubuh kamu tidak cepat lelah.

3. Persiapkan dirimu jauh-jauh hari. Mengetahui informasi seputar destinasimu itu penting

Buatlah daftar agenda sebelum kamu berangkat liburan. Jauh sebelum itu, kamu harus tahu semua hal tentang destinasi yang akan kamu tuju. Tujuannya adalah agar kamu tidak kuwalahan dan repot sendiri ketika sudah sampai di tempat tujuanmu. Apalagi pas badan lemes karena puasa.

4. Kurangi bepergian pada siang hari

Di saat kita sedang berpuasa dan kemudian melakukan aktifitas di luar ruangan terutama dalam kondisi matahari yang terik, dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi dan cepat lemah. Usahakan untuk selalu bepergian di pagi hari hingga menjelang seperempat siang atau sekitar jam 10 an pagi. Selepas jam tersebut biasanya matahari akan semakin terik dan tentunya akan menguras energi dan tenaga kita.

5. Bawa Perlengkapan Ibadah

Tentunya hal ini sangat penting. Agar kamu bisa tetap lancar beribadah di destinasi tujuan, selalu siapkan dan bawa peralatan ibadah di dalam tas Traveler. Traveler bisa membawa Al-Qur’an berukuran saku dan peralatan shalat (mukenah atau sarung).

6. Jangan terlalu banyak memilih destinasi

Meski puasa tidak menghentikan traveling, ini bukan berarti aktivitas yang dilakukan sama persis ketika tidak puasa. Kamu tetap harus membatasi, salah satunya dengan mengurangi jumlah destinasi yang dikunjungi. Kalau ketika tidak puasa, kamu mendatangi 4 tempat, ketika puasa batasi hanya sampai 2 tempat saja. Tujuannya agar tidak banyak tenaga yang dikeluarkan dan puasa tetap terjaga.

7. Buatlah dirimu nyaman dengan barang bawaan efektif dan efisien

Nah, salah satu hal yang biasanya terlupakan, tanpa kamu sadari, dan itu merepotkan adalah packing. Packing yang asal-asalan akan membuatmu repot dan menguras energimu. Usahakanlah untuk packing barang yang sewajarnya saja, dan tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan dalam perjalananmu. Jangan nyusahin diri sendirilah.

8. Beristirahat yang Cukup

Sebelum melakukan aktifitas dan kegiatan liburan pada saat puasa, ada baiknya kamu memastikan diri untuk beristirahat dengan baik dan cukup. Karena hal ini membantu daya tahan tubuh kamu, ketika kamu bangun tubuh akan merasa lebih segar, fresh dan ringan sehingga siap untuk melakukan aktifitas liburan di saat puasa.

9. Pilih kegiatan wisata yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan

Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang memiliki nilai religi. Kamu juga bisa mengikuti kegiatan Ramadhan yang ada di tempat tujuan wisata. Jadi, kamu bisa berlibur sambil menambah pengetahuan mengenai Agama Islam. Kamu juga bisa melakukan shalat jamaah tarawih di masjid-masjid yang belum kamu kunjungi sambil berbincang dengan jamaah lainnya setelah melakukan shalat.

10. Dengarkan ayat-ayat Quran yang membuatmu Tenang dan Nyaman

Jika kamu bepergian menggunakan kendaraan pribadi, ubah playlist lagumu menjadi murotal atau mendengarkan ceramah dengan memutar radio yang tersedia di ponselmu selama perjalanan. Sisihkan pula uangmu untuk bersedekah dan diberikan kepada orang yang membutuhkan saat dalam perjalanan liburan.

11. Berbukalah dengan yang sayang

Berbukalah dengan yang sayang, karena manis belum tentu sayang,
Untuk menggantikan energi yang telah terbuang selama seharian di perjalanan berbukalah dengan minuman dan makanan yang manis. Beribadah dan beristirahatlah sejenak sebelum kamu kembali melakukan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya.

Setelah menyimak tips traveling saat bulan Ramadan, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tak pergi ke mana-mana. Selamat menjalankan ibadah puasa. Ayo angkat Ranselmu!

Minat liburan ke Belitung, klik link di bawah ini;


Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved