Hub Kami : +62 819 2970 0811
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Pulau Lengkuas Belitung


Pulau Lengkuas Exotisme Belitung

Pulau Lengkuas Belitung
Pulau Lengkuas, Belitung

Pulau Lengkuas Sang Primadona

Pulau Lengkuas merupakan salah satu primadona wisata Belitung dan memiliki ‘magnet’ kuat, sehingga banyak wisatawan domestik mau pun mancanegara mendatangi pulau ini. Umumnya, keberangkatan menuju Pulau Lengkuas dengan start point dari Pantai Tanjung Kelayang, menggunakan boat tradisional nelayan setempat. 

Adapun jarak tempuh ke pulau ini memakan waktu sekitar 20 menit. Anda akan mampir serta melihat banyak pulau-pulau kecil di sepanjang perjalanan menuju Pulau Lengkuas. Diantaranya Batu Garuda, Pulau Kelayang, Batu Belayar, Pulau Kepayang, dan Pulau Babi Kecil.


Luas Pulau Lengkuas sekitar satu hektar. Karena kecil, jika berjalan mengelilingi pulau ini hanya membutuhkan kurang dari satu jam. Di depan Pulau Lengkuas ini juga terdapat pulau kecil berjarak 30 meter dari bibir pantai, yaitu Pulau Tukong Lengkuas (anak Pulau Lengkuas). untuk menuju pulau ini, Anda bisa berjalan kaki (jika air surut) melewati air setinggi dada orang dewasa.



Pulau Lengkuas Belitung
Mercusuar Pulau Lengkuas, Belitung

Menara Lengkuas Menjadi Daya Tarik Utama

Posisi Pulau Lengkuas terletak di sebelah Utara Pantai Tanjung Kelayang atau 300 derajat Barat Laut. Hingga kini, Pulau Lengkuas masih dikelola oleh Kementrian Perhubungan Pusat. Adapun mercusuar masih aktif dan menjadi panduan bagi kapal-kapal internasional yang melewati Pulau Belitung.

Mercusuar yang dibangun pada tahun 1888 merupakan produk bangunan Chance brother & Co yang bertempat di Kota Brimingham. Di Puncak mercusuar terdapat lampu suar yang beroperasi dari pukul 17.00 WIB sampai Pukul 06.00 WIB. Untuk mengoperasikan lampu ini, dibutuhkan sumber liatrik menggunakan genset sebagai sumber listrik utama, terlihat juga beberapa solar panel sebagai sumber listrik sekunder.

Pulau Lengkuas Belitung
Tangga Naik Mercusuar Pulau Lengkuas
Posisi jendela di tiap-tiap lantai berbeda arah, berselang-seli. Misalnya lantai satu terdapat dua jendela yang menghadap ke Timur dan Barat, sementara itu lantai dua menghadap Utara dan Selatan, begitu pula berselang-seli ke lantai berikutnya

Pada saat menaiki anak tangga ke puncak mercusuar, rasanya tidak ada habis-habisnya sedangkan dengkul sudah mulai lemas. Jika dihitung, antara lantai dasar ke lantai satu memiliki 18 anak tangga yang berbeda jumlahnya. Misalnya lantai 1 ke lantai 10 memiliki 17 anak tangga. Dari lantai 11 ke 13 memiliki 16 anak tangga. Selanjutnya lantai 14-16 mamiliki 15 anak tangga, lantai 17 memiliki 13 anak tangga dan terakhir lantai 18 memiliki 8 anak tangga.

Minat liburan ke Belitung, klik link di bawah ini;

Apa yang Kamu Lakukan di Pulau Lengkuas
Di Pulau Lengkuas sudah terdapat fasilitas yang menyamankan pengunjung. Diantaranya toilet dan kamar mandi untuk berbilas, tempat shalat, dan kantin. Di area sekitar mercusuar juga terdapat area untuk bersantai.

Pulau Lengkuas Belitung
Berfoto di Puncak Mercusuar Pulau Lengkuas

Lalu, apa sebetulnya yang Anda lakukan jika berwisata ke Pulau Lengkuas. Tentunya ada beberapa hal, diantaranya;

1. Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi Pulau Lengkuas, melihat panorama alam di sekitarnya sambil membuat dokumentasi Fotografi.
2. Bersnorkeling di sekitar Pulau Lengkuas merupakan hal yang menyenangkan. Anda bisa melihat varian terumbu karang dan ikan-ikan dalam jarak 2 sampai 3 meter.
3. Silahkan berenang menikmati kejernihan air laut diantara bebatuan granit.
4. Jika membawa peralatan lengkap diving, akan lebih menarik tentunya.
5. Menikmati panorama dari setiap tingkatan mercusuar Pulau Lengkuas.


Fasilitas Dasar di Pulau Lengkuas

Karena dikelola oleh Kementrian Perhubungan RI, maka jangan heran jika Pulau Lengkuas memiliki fasilitas yang nyaman bagi pengunjung. Di pulau ini sudah tersedia bangunan toilet dan kamar mandi. Kemudian bagi Anda yang ingin sholat, pihak pengelola menyediakan ruangan untuk beribadah.

Di sisi Utara Pulau Lengkuas terdapat warung untuk sekedar membeli makanan ringan dan ngopi. Di sekitar warung ini juga terdapat jualan kelapa muda untuk Anda nikmati setelah berjemur dan beraktifitas di Pulau Lengkuas.

Kenyamanan pulau ini karena terdapat area bersantai yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola pulau. Kursi-kursi untuk bersantai ini diletakan di bawah pohon-pohon kelapa yang membuat suasana teduh dan nyaman.

Pulau Lengkuas Belitung
Panorama dari Puncak Mercusuar Pulau Lengkuas

Waktu Yang Pas berkunjung ke Pulau Lengkuas

Di bawah sinar matahari  yang cerah adalah waktu yang nyaman berkunjung ke Pulau Lengkuas. Tentu saja dalam cuaca yang mendukung akan memudahkan aktifitas fotografi bagi pengunjung. Oleh karena itu, waktu yang paling tepat berkunjung ke Pulau ini adalah dari bulan Maret hingga pertengahan November.

Selain itu, pada bulan April hingga November kondisi angin laut tidak begitu kencang. Ini akan memudahkan akses boat tradisional menuju Pulau Lengkuas.
Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved