Hub Kami : +62 819 2970 0811
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Paket One Day Trip - Open Pit Nam Sa Lu Belitung Timur

One Day Tour - Paket Tour Belitung ke Open Pit Nam Sa Lu

Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur
Panorama Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur

Detail Open Pit Nam Sa Lu

Apa yang terjadi jika area eks tambang menjadi destinasi pariwisata, tempat ini bernama Open Pit Nam Sa lu. Open Pit, sebutan singkatnya, sebuah area yang membentuk lingkaran kawah, merupakan kawasan menarik untuk dikunjungi. Saat ini, kelompok muda penggiat lingkungan mulai membangkitkan kegiatan wisata bernuansa adventure di Pulau Belitung.

Ada banyak aktifitas bernuansa adventutre bisa dilakukan di Open Pit nam Sa lu. Diantaranya Off Road, Caving (susur goa), Rappeling. dan aktifitas Photography.

Sejarah Open Pit Nam Sa  Lu

Sebelumnya perlu diketahui Open Pit atau dalam istilah Pertambangan Terbuka merupakan alam nan eksotis buatan tangan manusia, sebagai area bekas pertambangan timah. Seperti daerah pertambangan tebuka lainnya di Indonesia, Open Pit Nam Sa Lu menyerupai lingkaran sekrup yang melobangi perut bumi.

Open Pit Nam Sa Lu merupakan area kontrak karya penambangan PT.Broken Hill Propitory, sebuah perusahaan milik investor Australia pada tahun 1971 dan beroperasi hingga tahun 1987. Berturut-turut pada tahun 1985 Open Pit kemudian berpindah tangan ke PT. Preussag Kelapa Kampit yang bertahan hanya empat tahun lalu berpindah tangan ke PT. Gunung Kikara Mining hingga tahun 1993.

Pasca berakhir era pertambangan timah pada tahun 1993, Open Pit Nam Sa Lu mulai ditinggalkan. Dan kini, setelah belasan tahun kemudian, area ini kini menjadi begitu eksotis dan nuansa hijau. Panoramanya selalu menggoda pengunjung menjepretkan camera handphonenya.

Di mana Open Pit Nam Sa Lu?

Perlu diketahui, area eks pertambangan Open Pit Nam Sa Lu ini hanya satu kilometer dari Pusat Kota Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Adapun dari Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan Kabupaten Belitung, perjalanan menuju Open Pit Nam Sa Lu hanya memakan waktu 45 menit.
Open Pit Nam Sa  Lu Belitung Timur
Off-Road Open Pit Nam Sa  Lu Belitung Timur
Minat liburan ke Belitung, klik link di bawah ini;


Off Road to Open Pit Nam Sa Lu

Jalur menanjak, memutar, serta berbatu menuju Open Pit Nam Sa Lu menjadi areal penuh tantangan bagi penggila Offroad. Dengan mobil yang dirancang khusus, kendaraan Off Road to Open Pit Nam Sa Lu akan membawa wisatawan melintasi jalur lembah dan hutan alami yang belum tersentuh. Di jalur yang miring dan sedikit licin serta menanjak ini seringkali mengundang teriakan exaited wisatawan.

Memasuki Open Pit, wisatawan akan diajak menuruni jalur melingkar menuju danau. Tiba di Danau Kawah Open Pit Nam Sa Lu, pemandangan luas nan terbentang, dikelilingi tebing-tebing.

Di Danau Kawah Open Pit juga terapat atifitas manantang, yaitu kayaking dan melakukan penelusuran Gua Fuk Sa Lu (caving) sedalam 676 meter. Di dalam Goa Fuk Sa Lu akan banyak bercerita tentang sejarah tambang dan merupakan tempat latih penambangan. Danau Kawah Open Pit Nam Sa Lu sendiri terbentuk dari mata air dan penampungan air hujan dengan kedalaman sekitar 30 meter.

Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur
Susur Goa Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur

Susur Goa Fuk Sa Lu Belitung Timur

Sensasi Susur Goa Eks Tambang, Amazing! begitu kata wisatawan asal Jakarta seusai bersama-sama dengan Guide Lokal saat melakukan kegiatan susur Goa di Fuk Sa Lu. Goa ini terletak di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit Belitung Timur. Sebelum lebih jauh Fuk Sa Lu artinya jalur atau urat pasir timah sebelah barat. Penamaan area tambang memang beragam, biasanya disesuaikan dengan kultur masyarakat setempat, kadangkala terdengar lucu seperti Lubang bor Menangis dan sebagainya.

Goa dengan kedalaman 676 meter di Belitung Timur ini merupakan area aks penambangan timah yang diproduksi pada tahun 1971 hingga 1985. Goa ini juga berhubungan dengan Open Pit Nam Sa Lu, Open Pit sendiri artinya tambang terbuka. Sementara itu Nam Sa Lu berarti urat pasir timah jalur selatan. Bentuk Open Pit Nam Sa Lu sendiri seperti obat nyamuk yang menurun ke bawah serta melingkar.

Masyarakat lokal nyaman menyebutnya Goa Fuk Sa Lu ini merupakan area latih penambang yang baru bekerja di perusahaan. Meski berkonsep latihan, proses produksi eksploitasi timah tetap berlangsung di goa ini.

Dalam kegiatan susur goa ini pengunjung akan melihat sisa-sisa peninggalan tambang masih membekas dalam goa ini, seperti masih terdapat buntalan rel-rel, yaitu jalur jalan lori pembawa bongkahan-bongkahan batu timah primer. Ada pula lubang-lubang jalur atas dan bawah, yaitu lubang yang digunakan sebagai akses mengangkut/mengangkat timah.

Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur
Rappeling Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur

Stalagtit dan Stalagmit di Goa Fuk Sa Lu

Di dalam goa juga terdapat stalagtit dan stalagmit. Selain itu goa ini semakin cantik dengan lumut-lumut hijau di dinding-dinding goa laksana tirai.

Goa Fuk Sa Lu dan Open Pit Nam Sa Lu merupakan dua area yang sebadan. Area ini pun diklaim oleh para Geologist sebagai area dengan produksi timah terbesar se-Asia Tenggara. Sebab pada masa kejayaannya, ratusan ton timah dieksploitasi dari area ini. Menurut survey Geologist Nam Sa Lu masih mengandung sekitar 600.000 ton timah. Bisa dibayangkan jika satu kilogram saja harga timah saat ini berkisar pada harga 15 ribu rupiah.

Terlepas dari kekayaan timah yang masih terkandung, kini area ini menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Belitung Timur. Bentuk spiral pada Open Pit Nam Sa Lu menjadi daya tarik yang luar biasa. Demikian pula danau yang terdapat di tengah-tengah membuat Open Pit Nam Sa Lu semakin memesona. Dan di sisi danau kawah Open Pit inilah jalur pintu Goa atau tunnel Fuk Sa Lu.
Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur
Camping di Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur

Komunitas Pariwisata

Masyarakat lokal yang kehidupannya sudah beralih dari tambang ke pariwisata kini membentuk sebuah komunitas pariwisata. Merekalah yang selalu siap memandu wisatawan menikmati panorama Open Pit nam Sa Lu dan Goa Fuk Sa Lu.

Kegiatan atau aksi susur goa di area ini pun beragam dan mengundang minat, selain susur goa atau caving, di danau Open Pit juga terdapat aktifitas rappeling atau turun tebing dan off road juga selalu menarik para adventure yang berkunjung ke Open Pit.

Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur
Kayaking di Open Pit Nam Sa Lu - Kelapa Kampit - Belitung Timur


Paket Harga OneDayTrip Open Pit Nam Sa Lu

Harga untuk paket Open Pit Nam Sa Lu IDR.275.000,-/pax. untuk aktifitas Off Road, Rappeling dan Susur Goa Fuk Sa Lu. Paket ini sudah include makan siang dan air mineral 600ml/pax




Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved