Hub Kami : +62 819 2970 0811
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Mie Khas Belitung yang Maknyus

Mie Khas Belitung yang Maknyus
Mie Khas Belitung

Kuliner Favorit Wisatawan di Belitung, Mie Ala Belitong

Jika Anda berkunjung ke Pulau Belitung bersama keluarga, sahabat atau perusahaan, jangan lupa
menikmati hidangan kuliner halal yang banyak tersaji di rumah-rumah makan di Belitung. Hidangan kuliner ini pun beragam, dari mulai makanan ringan hingga makanan 'berat'.

Sebagian besar makanan di Pulau Belitong (sebutan masyarakat setempat) memang berasal dari laut. Maka, tak mengherankan jika beberapa unsur dari makanan bernuansa laut. Adapun kuliner-kuliner yang sebagian sudah dikenal oleh wisatawan yang pernah datang ke Belitung, mungkin diantaranya; Mie Belitung, Gangan (Pindang), Beragam Seafood, ketam (kepiting) ini, Pukmpuk, serta makanan ringan seperti rintak, sempret, dan keripik sukun.

Ke Belitung Pasti Mie Belitong

Mie Khas Belitung Daftar Kuliner Favorit Wisatawan. Jika anda berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi, akan belum lengkap jika tidak mencicipi Mie Belitung. Mungkin ada jenis yang hampir sama dengan daerah lain di Indonesia, namun namanya juga Mie khas Belitung, perbedaan rasa tentulah ada.

Perbedaan ini terutama dari kuah, karena hampir semua masakan di Belitung kental dengan aroma laut. Begitu pula mie-nya, kuah Mie Belitung yang kental rasa udang, di sinilah perbedaannya.

Mie Khas Belitung Tanpa Pengawet
Mie Khas Belitung Tanpa Pengawet
(Sumber Foto : Mie Khas Belitung : http://www.resepanekamakanan.web.id)

Mie Tanpa Pengawet

Mie Belitung dibuat setiap hari dan habis juga setiap hari, alias tanpa bahan pengawet. Adapun ciri-ciri mie tanpa bahan pengawet sangat mudah dilihat dan diraba.

Mie tanpa bahan pengawet biasanya berwarna kuning alami dan bertekstur lembut (tidak kaku). Kemudian, jika dipegang, mie akan hancur atau melekat satu sama lain. Perhatikan tangan Anda setelah memegang mie, biasanya akan ada sisa-sisa minyak yang melekat. Artinya mie tersebut tanpa bahan pengawet.

Seperti pada umumnya, mie yang sudah diolah ini harus terlebih dahulu direbus sebelum disajikan untuk dinikmati. 

Mie Khas Belitung Dikuahi Udang

Dalam Mie Khas Belitung terdapat campuran mie, kentang, ketimun, emping, dan udang berpadu dengan kuah kental berbahan udang membuat mie Belitung terasa begitu enak dan nikmat. Tidak mengherankan jika Mie Belitung ini menjadi salah satu kuliner favorit bagi para wisatawan. Bahkan selebritis yang berkunjung ke Pulau Belitung pun menyukainya.


Nah untuk harga Mie Khas Belitung ini sebetulnya relatif, namun rata-rata penjual dagangan mie ini mematok harga 15 ribu rupiah. Harga yang cukup murah untuk sebuah kenikmatan.

Mie Khas Belitung Atep Paling Diminati

Setiap wisatawan yang datang ke Belitung selalu dibawa ke Mie Atep. Di rumah makan ini tersaji Mie Khas Belitung yang langsung diracik oleh Ibu Atep. Awalnya, Mie Atep hanyalah sajian sarapan pagi yang nikmat buat suaminya. Di kemudian hari, ketika periwisata Belitung mulai Booming, Mie Atep mulai dikomersialkan dan dinikmati banyak wisatawan yang datang ke Belitung.

Sajian Mie Atep juga tidak lepas dari minuman Jaruk Kunci yang nikmat. Minuman jeruk kunci ini bisa disajikan dalam hanya dan dingin.

Letak Rumah Makan Mie Atep yang menjual Mie Khas Belitung ini tidak jauh dari Pusat Kota Tanjungpandan. Tepatnya di jalan Sriwijaya Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Namun selain Mie Atep, kuliner yang enak buat sarapan ini juga tersedia di warung Makan Mak Janah, atau di Warung makan Wanbie yang masih terletak di Jalan Srwijaya Tanjungpandan. jadi, jika kamu ke Belitung, jangan lupa mencicipi Mie Khas Belitung***


Minat liburan ke Belitung, klik link di bawah ini;


Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved