Hub Kami : +62 819 2970 0811
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

Makan Bedulang Adat Belitung

Makan Bedulang Adat Belitung
Makan Bedulang Disajikan Apik

Budaya Makan Bedulang Adat Belitong

Adab Makan Cara Belitong

Masyarakat melayu Pulau Belitung atau sebutan lokal adalah Belitong memiliki budaya yang bertingkat. Tidak hanya urusan yang lebih besar, Masyarakat Melayu Belitong pun memiliki budaya khusus atau khas dalam menyantap makanan.

Istilahnya Makan Bedulang. Bedulang atau dulang merupakan nampan bulat yang terbuat dari bahan asli kuningan. Di atas nampan bulat inilah terletak beberapa menu makanan yang disajikan berkeliling di dalam dulang. Adapun satu jenis makanan yang dipasang di tengah merupakan menu utama.
Makan Bedulang Adat Belitung
Prosesi Makan Bedulang Dilakukan Secara Bersama

Makan Bedulang Belitong

Cara penyajiannya, makanan yang berada di atas nampan atau dulang ini kemudian ditutup dengan tudung saji atau tudong saji. Dan masyarakat Belitong biasa menyebutnya mentudong. Tentunya tidak hanya lauk pauk, dalam paket sajian makan bedulang ini juga terdapat nasi sebakul (sebakak) dan kue sebagai makanan penutup.


Adapun keunikan Makan Bedulang ini dibatasi hanya untuk kuota empat orang. dari mulai lauk, nasi, piring dan minuman memang disajikan hanya untuk empat orang. Umumnya, jika belum mencukupi 'kuota ini' hendaklah menunnggu atau mencari partner tambahan. Karena jika tidak cukup orang, dikhawatirkan sajian tidak akan habis dan mubazir.

Makan Bedulang Adat Belitung
Menu Makan Bedulang Terdiri Dari 5 Lauk
Pendamping dan Satu Menu Utama di Tengah

Filosofi makan Bedulang

Ada beberapa filosofi dan tata cara dalam Makan Bedulang Belitong. Misalnya, diketahui yang lebih muda di antara empat orang ini, dialah yang akan mengambilkan nasi untuk tiga orang yang lebih tua. Kemudian, di sebelah tempat cuci tangan terdapat kain lap atau lap tangan yang terlipat. Setiap selesai mengelap tangan (selesai makan), maka hendaknya membalikkan lipatan dan memunculkan bagian yang bersih. Agar, mereka yang menggunakan selanjutnya mendapatkan bagian yang bersih.

Makan Bedulang Adat Belitung
Setiap Sajian Makan Bedulang Diisi Oleh
Empat Orang

Kebiasaan makan bedulang di dalam masyarakat Belitong ini kemudian memunculkan rasa berbagi atas apa yang disajikan dan menghormati dengan 'melayani atau mendahulukan yang lebih tua. Hingga kini, budaya makan bedulang masih ada di dalam adat masyarakat Belitong, terutama saat merayakan hari pernikahan dan acara adat.***

Minat liburan ke Belitung, klik link di bawah ini;


Bagikan artikel ini..!!

0 comments :

Post a Comment

Silahkan Konsultasi Seputar Paket Tour Wisata Belitung

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Paket Tour Belitung. Kami siap melayani Anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa Kami 24/7.
LiveChat WhatsApp klik di sini

BELITONG ISLAND ONE DAY TRIP
kembali ke atas
Copyright © 2017. Belitung Explorer | BeXplorer Too! - All Rights Reserved